Minggu, 29 Desember 2013

Pengalaman Menggunakan Honda CB150R Selama Dua Bulan

Hari ini saya menuliskan pengalaman menggunakan Honda CB150R selama dua bulan ini, termasuk susah dan senangnya.

Perjalanan lumayan jauh yang sudah ditempuh adalah jogja-kebumen PP dalam sehari pada saat odometer masih sekitar 500 km.

Pengalaman yang dirasakan adalah laju dan akselerasi motor cukup kencang, suspensi nyaman dan stabil, dan riding position buat touring nyaman, sampai jogja ga merasa pegel dan masih bisa browsing2 internet sampai jam 2 malam. Permasalahan yang dialami adalah mengalami beberapa kali selip kopling karena suhu terlalu panas, mungkin karena dipacu tanpa henti sehingga air radiator menguap, terbukti pada waktu service 1.000 km pertama air radiator berkurang banyak pada waktu diperiksa oleh bengkel ahass..

Kemudian setelah servis pertama 1.000 km aku juga melakukan perjalanan menuju Banjarnegara dan juga ke Gombong lalu balik ke Jogja.

Motor Honda CB150R tidak mengalami masalah untuk melewati daerah pegunungan di Wonosobo dan suspensinya lumayan lembut untuk melewati jalan-jalan yang agak rusak di daerah Purworejo. Agak ngeri juga pas perjalanan malam hari atau pas lewat daerah pegunungan yang sepi kalo mengalami kemacetan karena solo riding dan peralatan yang dibawa ga lengkap, tapi alhamdulillah sampai tujuan dengan selamat.

Permasalahan pertama yang wajar pada sepeda motor yang menggunakan rangka dari besi adalah munculnya karat pada bagian rangka yang catnya mengelupas. Tetapi dengan perawatan yang bagus akan bisa dikendalikan dan diminimalkan.

Permasalahan yang kedua adalah air radiator bawaan yang kurang atau memang berkurang karena sering kepanasan terus mesinnya, maklum suka jalan-jalan jauh. Solusinya adalah kalau mesin ada gejala overheat segera diperiksa air radiatornya dan ditambah air radiatornya. Tapi jangan terlalu penuh karena pada saat mesin panas akan memuai dan bisa tumpah kalau kepenuhan, perhatikan tanda atas-bawah pada bagian reservoir radiator.

Sejauh ini kondisi motor sangat bagus dan suara mesin sangat halus, karena aku juga bawanya halus juga ga suka geber-geber ga jelas... heheh. Untuk shifting gigi 1 ke gigi 2 pada 6.000 rpm, lalu gigi 2-4 biasanya shifting gigi pada 8.500 rpm dan shifting gigi 5 ke 6 pada 11.000 rpm dan itupun hanya beberapa kali saja untuk mencoba top speed. Biasanya kalau pas jalan-jalan di 5.000-7000 rpm saja.

Sejauh ini sampai odo meter 3.500 km, sudah servis rutin 2 kali tapi hanya penggantian oli saja.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar