Sabtu, 26 April 2014

Menggunakan Oli Mesin Menjadi Oli Rantai

oli_mpx1_untuk_rantai.jpg

Beberapa hari yang lalu persediaan oli rantai semprot yang biasa aku gunakan kebetulan habis. Ketika mau beli kebetulan punya ide bagaimana memakai oli mesin bekas sebagai oli rantai. Kebetulan oli mesin AHM SPX1 di CB150R sudah hampir 2.000 km dan getaran mesin dah mulai terasa sampai ke stang. Akhirnya sore itu ane ke bengkel dengan niat untuk mengganti oli.

Karena masih ada banyak kerjaan sehingga ane pergi ke bengkel terlalu sore dan yang buka tinggal beberapa bengkel saja. Setelah aku mencari ada bengkel castrol point yang persediaan olinya banyak banget. Tetapi anehnya kok ga punya persediaan oli SPX1, setelah agak bingung antara memilih Castrol Power One, Repsol Super Moto, Motul 5100, BM1 dan Shell AX7 akhirnya ane putuskan untuk mengganti dengan oli Shell AX7 yang sesuai dengan kantongku saja. Aku tak lupa berpesan kepada pemilik bengkel agar supaya bekas oli jangan dibuang tapi dimasukkan ke wadah olinya. Tapi karena mekaniknya lupa ga dikasih tahu ternyata bekas olinya dibuang. Waduh!! padahal mau mencoba oli mesin mesin dijadikan oli rantai malah oli bekasnya dibuang.

Sesampainya di rumah ane ingat bahwa masih ada oli AHM MPX1 bonus beli CB150R dulu yang masih belum dibuka. Kebetulan ada botol oli singer yang sudah habis sehingga ane masukin sebagian oli MPX1 ke dalam botol bekas oli singer tadi. Setelah itu ane mulai netesin oli MPX1 tadi ke rantai.

Setelah selesai ane coba kendarai selama hampir seminggu dan ane kaget, biasanya kalo make oli rantai semprot baru dipake sehari aja rantai dah kering tetapi oli MPX1 masih tetap nempel dan kelihatan basah di rantai. Selain itu ketika menggunakan oli rantai semprot biasanya di bagian samping kaki yang dibelakang footstep ada warna hitam bekas kecipratan oli tapi kalau sekarang jadi ga ada jadi olinya tidak nyiprat.

Kesimpulan yang ane dapat dari penggunaan oli AHM MPX1 sebagai oli rantai adalah bisa berfungsi dan bertahan cukup lama dan tidak mudah kering sehingga rantai lebih awet daripada tidak dikasih oli atau oli rantai sudah kering.

Sekian sharing saya semoga bermanfaat dan bagi yang mau memberikan sumbang saran silahkan menuliskan di komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar